Dalam perencanaan strategis analisa tentang kondisi intern dan ekstern sering dikenal dengan S.W.O.T. analysis :
S = Strenght = kekuatan-kekuatan
W = Weaknesses = Kelemahan-kelemahan
O = Opportunities = Kesempatan-kesempata
T = Threats = Ancaman-ancaman
Dalam model perencanaan Strategis ada lima langkah yang harus dilakukan :
1. Menganalisis lingkungan
2. Menganalisis organisasi
3. Menganalisis ketrampilan yang diperlukan agar berhasil
4. Menilai masalah peluang yang berkaitan dengan keputusan strategi
5. Memilih alternatif untuk mendapatkan peluang yang menguntungkan
BEBERAPA JENIS RENCANA
1. SASARAN
Merupakan jenis rencana yang menunjukkan titik akhir dari keinginan manajer, apa yang ingin dicapainya.
Tingkat * Jenis Sasaran
Direksi * Sasaran Perusahaan
Kepala Bagian * Sasaran Departemental
Kepala Seksi * Sasaran Seksional
Kelompok / Regu * Sasaran Kelompok
Individu * Sasaran Individu
2. KEBIJAKAN
Kebijakan atau policy adalah bentuk
rencana yang memberikan pedoman atau petunjuk tentang arah pelaksanaan
kerja. Kebijakan yang berlaku dalam perusahaan harus konsisten artinya
tidak memberlakukan lebih dari satu kebijakan untuk hal yang sama
3. CARA KERJA
Cara kerja ini merupakan salah satu
rencana yang menjelaskan sejumlah aktivitas teknis untuk melaksanakan
tugas. Manager yang kreatif selalu berusaha menyempurnakan cara kerja
yang sudah ada antara lain dengan merubah peralatan, merubah gerakan
dsb.
4. PROSEDUR
Prosedur merupakan jenis rencana yang
menekankan pada urutan pekerjaan untuk memperoleh hasil yang maksimal.
Urutan pekerjaan disusun dengan memperhatikan proses kerja yang baik,
tingkat pimpinan yang akan dilibatkan, alat-alat yang digunakan serta
lokasi yang dilalui.
5. JADWAL
Jadwal merupakan rencana waktu Dalam prakteknya dapat ditentukan variasi antara
- Rencana waktu mulai
- Rencana waktu berakhir
- Periode atau kurun (mulai & berakhir)
- Batas waktu (lamanya proses)
6. ANGGARAN
Umumnya anggaran dikaitkan dengan
penggunaan sumber daya uang. Besar kecilnya penggunaan sumber daya uang
sangat tergantung dari penggunaan sumber daya lainnya (orang, cara,
alat, lokasi, waktu, dsb).
7. STANDAR
Standar merupakan pedoman, pedoman yang dapat diterima secara umum oleh lingkungan manajemen (pimp./pejabat). Ada standar; mutu (kerja/hasil), harga, dan waktu.
8. STRATEGI
Strategi merupakan salah satu bentuk
rencana yang merupakan garis besar jalan yang hendak ditempuh dalam
mencapai sasaran jangka panjang. Oleh karenanya dlm menyusun strategi
perusahaan diperlukan wawasan tentang lingkungan sbgai faktor yang
berpenga ruh baik dalam arti peluang maupun hambatan .
9. PROGRAM
Setiap program terdiri atas berbagai
paduan antara rencana yang satu dan lainnya. Program merupakan rencana
sekali pakai, artinya apabila sasaran/waktunya sudah tercapai maka
selesailah aktivitas yang berkaitan dengan sasaran / waktu tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar